Laporan PKP Ilmu Perpustakaan UT

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG
Perpustakaan merupakan tempat yang dapat memberikan informasi, wawasan, kepada masyrakat luas, yang membutuhkan sesuai dengan fungsi perpustakaan yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana informasi pendidikan, referensi, penelitian dan juga hiburan[1]. Perpustakaan merupakan tempat kurang diminati karena kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa pergi ke perpustakaan hanyalah membuang – buang waktu karena harus membaca sederatan bahkan berlembar – lembar halaman. Tetapi persepsi itu sangat di sayangkan karena dengan pergi ke perpustakaan kita akan dapat menemukan ilmu karena semakin banyak membaca semakin banyak pula informasi yang dapat kita serap. Penulis berharap perpustakaan menjadi prioritas utama yang harus di kunjungi.
Kegiatan utama dari semua jenis perpustakaan adalah pengadaan, pengolahan, pelayanan. Pada kegiatan tersebut nantinya akan di jadikan  sebagai materi dalam praktek kerja perpustakaan. Praktek ini di ikuti oleh semua mahasiswa S1 Perpustakaan yang telah menempuh mata kuliah yang di wajibkan.
Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Perpustakaan di harapkan mahasiswa dapat mngembangkan kemampuan dalam mengamati suatu proses kerja, pengumpulan data.
1.2  TUJUAN
A.    Tujuan Umum
Penulis diharapkan mampu memperoleh pngetahuan perpustakaan tidak hanya melalui teori saja tetapi secara praktek.
B.     Tujuan Khusus
1.      penulis dapat melaksanakan proses pelayanan sesuai dengan prosedur praktek,
2.      penulis dapat mengetehui secara langsung proses pengadaan barang,
3.      penulis dapat mengetahui secar langsung proses pengolahan barang,
4.      penulis dapat memahami konsep dan ketrampilan dasar dalam pengelolaan perpustakaan yang meliputi kegiatan pengembangan koleksi, pengolahan koleksi bahan pustaka, dan pelayan bahan pustaka.
BAB II
HASIL PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN


2.1  PENGADAAN
Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Umum Daerah Temanggug dilakukan selama 1 tahun sekali. Pengadaan tersebut dilakukan secara pembelian langsung. Kegiatan dalam pengadaan bahan pustaka meliputi :
1.      Pemilihan bahan pustaka
a.       Seleksi secara online,
b.      Survey harga : gramedia, Toga Mas, Sosial Agency,
c.       Mengisi data desiderata.
2.      Pembelian bahan pustaka
Dalam pembelian bahan pustaka dengan menunjukan rekanan,sesuai dengan pemilihan pustaka dengan ketentuan sebagai berikut:
a.       Di bawah 50 juta   :           pembelian langsug
b.      Di bawah 100 juta:            penujukan langsung
c.       Di bawah 200 juta:            pemililihan langsung 
d.      Di atas 200 juta    :            lelang
Rekan yang di tunjuk kemudian di beri waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan kemudian membuat dokumen pengadaan.
2.2 PENGOLAHAN
             Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan pokok dalam rangkaian kegiatan perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka memungkinkan koleksi perpustakaan tertata secara sistematis dan ditemukan kembali secara efektif dan efisien.[2] Adapun kegiatan pengolahan bahan pustaka adalah:
a.       Pemberian stempel.
Pemberian stempel di lakukan tidak hanya di satu tempat saja tetapi di beberapa tempat yaitu: di halaman kolofon, halaman kolofon adalah halaman yang memuat isi buku, bagian halaman rahasia, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, sisi miring. Isi dari stempel adalah sebagai berikut :
1.      Stempel iventaris : pada halaman kolofon yang berisi nomer iventaris dan tanggal iventaris. Halaman kolofon.
2.      Stempel kepemilikan / cap identitas : berisi cap dinas berbentuk bulat berisi identitas perpustakaan yang di tempatkan di halaman kolofon dan halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, halaman rahasia, dan sisi miring.
3.      Stempel bantuan : Jika bahan pustaka itu merupakan bantuan dari pemerintah. Stempel ini berbentuk persegi panjang yang bertuliskan bantuan pemerintah.
b.      Klasifikasi
                Klasifiksi merupakan penggolongan atau pengelompokan buku berdasarkan subjek atau isi bahan pustaka yang bersangkutan. Klasifikasi ini dilakukan untuk mempermudah pengguna maupun pustakawan dalam pencarian kembali bahan pustaka. Klasifiksi Perpustakaan Umum Temanggung menggunakan DDC edisi 23. Adapun unsure yang dapat di jadikan petunjuk dalam menentukan tajuk subjek adalah judul buku, kata pengantar, pendahuluan, daftar isi, dan apabila belum dapat di tentukan dengan membaca seluruh bahan pustaka.

c.       Entri Data Bibliografis
                Memasukan data bibliografi ke dalam computer dengan system otomasi program Slim Senayan Cedana. Adapun data yang dientri meliputi :
·         Nama Pengarang
·         Judul
·         Anak judul
·         Judul Seri
·         Penerjemah
·         Editor
·         Penyunting
·         Isbn
·         Bibliografi
·         Index
·         Kolasi
·         Impresum
·         No klasifikasi
Perlengkapan
1.      Label
Penulisan pada label berdasarkan TEU adalah:
·         Apabila pengarang 1 – 3 maka TEU yang di gunakan adalah 3 huruf nama pengarang pertama,
·         Apabila pengarang lebih dari 3, atau pengarang merupakan suatu tim ataupun badan korporasi maka TEU yang di gunakan 3 huruf adalah  judul buku,
·         Apabila buku pelajaran maka di beri kode V yang berarti volume di sertai dengan nama kelas.
Label memuat tentang:
·         Kode buku,
·         Nomor klasifikasi buku,
·         3 huruf pertama TEU,
·         Huruf pertama judul buku,
·         Volume/ jilid,
Label di letakkan pada punggung buku 3 cm dari bawah.
2.      Barcode
Identitas dari sebuah buku yang berisi nomor induk bahan pustaka dalam bentuk garis. Setiap bahan pustaka memiliki nomer barcode yang berbeda, barcode dapat dibaca dengan alat barcode kode.
3.      Date due
Lembar tanggal kembali ditempel disampul belakang buku bagian dalam fungsinya sebagai pengingat peminjam batas waktu pengembalian buku.
4.      Sampul
Kegiatan menyampul bahan pustaka dengan sampul plastic dengan tujuan keindahan dan kerapian bahan pustaka.

2.3  LAYANAN
             System pelayanan yang di gunakan di Perpusda Temanggung adalah system pelayan terbuka, Pengunjung bisa dapat langsung melihat – lihat buku dan mengambil sendiri. Layanan yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
A.    layanan sirkulasi
Jam buka layanan sirkulasi:
·         Senin – kamis                 07.30 – 17.15
·         Jum’at                             07.30 – 15.15
·         Sabtu                              09.00 – 15.00
·         Mingggu                         09.00 – 15.00
·         Hari besar tutup.


Layanan sirkulasi meliputi:
1.      Layanan anggota perpustakaan temanggung.
                Layanan ini berada di depan pintu Perpusda Temanggung, layanan ini tersedia formulir pendaftar dan juga di ruang lain di sediakan ruang foto sehingga kartu anggota perpusda seperti kartu KTP.
Syarat untuk membuat kartu anggota perpusda adalah:
1.      Isi formulir,
2.      Membawa pas foto 2x3 berwarna,
3.      Menunjukan kartu identitas.
2.      Layanan peminjaman buku
                Prosedur peminjaman yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
1.      Pemakai menyerahkan bahan pustaka yang akan di pinjam dan kartu anggota perpusda,
2.      Petugas men- scan buku dan kartu anggota dengan barcode reader.
3.      Mengecap tanggal kembali di halaman terahir di lembar date due,
4.      Petugas memberikan buku dan kartu anggota dengan memberitahukan tanggal kembali bahan pustaka yang di pinjam.
3.      Layanan pengembalian buku
                Prosedur pengembalian yang terdapat di Perpusda Temanggung:
1.      Pemakai menyerahkan kepada petugas bahan pustaka yang akan di kembalikan dan kartu anggota perpusda,
2.      Petugas cukup menscan buku atau kartu anggotanya saja dengan barcode reader,
3.      Petugas meneliti tanggal kembali bahan pustaka yang terdapat di lembar date due,
4.      Petugas memberikan kembali kartu anggota nya.
4.      Denda
                Bila pengembalian buku terlambat maka akan di kenakan denda berupa uang sebesar Rp 500 per buku per hari. Uang tersebut akan di masukan di kas Negara. Apabila buku tersebut hilang maka harus mengganti. kebijakan ini di lakukan agar peminjam lebih bertanggung jawab dan lebih disiplin dalam meminjam buku.








B.     Layanan ekstensi
1.      Perpustakaan keliling
          Perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang bergerak berkeliling ke tempat satu dengan tempat yang lain dengan menggunakan kendaraan dan membawa bahan pustaka serta memberikan layanan jasa perpustakaan kepada pengguna di daerah yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum/menetap.[3]
Perpustakaan keliling bertujuan untuk memberikan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat yang terpencil dan jauh dari Perpustakaan Umum.
2.      Pembinaam
          Pembinaan merupakan penyuluhan yang di lakukan oleh pustakawan kepada tenaga pustaka. Apabila tenaga pustaka menginginkan pembinaan maka tenaga membuat surat pengantar yang di tujukan kepada Perpustakaan Daerah untuk melakukan pembinaan.
C.     Layanan referensi
          Layanan ini merupakan salah satu jasa perpustakaan yang di sediakan bagi pengguna  untuk menemukan informasi yang di butuhkan,[4] dalam pelaksananya sumber referensi yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
·         Kamus,
·         Terbitan pemerintah,
·         Buku – buku mahal,
·         Bibliografi,,
·         Kliping,
·         Makalah,
·         Tesis,
·         Biografi
·         Ensiklopedia
1. Tata Tertib Perpustakaan Umum Temanggung.
1.      Tidak boleh memakai jaket dan membawa tas ke dalam ruangan koleksi,
2.      Setiap masuk pengunjung harus absen yang telah di sediakan di depan pintu masuk, yaitu dengan memasukan kertas berwarana merah adalah wanita dan warna hijau adalah pria, pengunjung di wajibkan memasukan kertas tersebut di kotak yang telah di sediakan menurut tingkatan, TK, SD, SMP, SMA, MAHASISWA, UMUM, PNS,
3.      Pengunjung di larang merokok, makan, minum, di dalam ruang koleksi,
4.      Pengunjung tidak boleh gaduh,
5.      Pengunjung tidak boleh merusak buku,
6.      Setelah selesai membaca pengunjung harus mengembalikan buku ke tempat semula,
7.      Peminjaman bahan koleksi maksimal 2 buku bagi setiap kartu anggota,
8.      Pengembalian maksimal 1 minggu setelah peminjaman,
9.      Apabila bahan pustaka hilang maka harus menggati sesuai buku yang telah hilang.
2.4  KONDISI PERPUSTAKAAN
1.      Keadaan perpustakaan
                Kantor Arsip, Perpustakaan , Dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung terletak di komplek Taman Kartini, atau tepatnya di Jln. Jend Sudirman 123 Temanggung. Gedung ini terdiri dari 2 lantai dengan luas lantai I: 988 m², dan lantai II: 1014 m². 
1        Gedung dan ruang
                Lantai I terdiri dari ruang pengolahan, ruang Kepala Perpustakaan, ruang foto kartu anggota, meja sirkulasi, ruang berkala dan referensi, ruang anak, toilet, musola, tendon koleksi.
Lantai II terdiri dari ruang multimedia, ruang koleksi umum, kantor TU, ruang tamu, kantor Arsip, aula,
2        Perlengkapan
                Kantor Perpusda Temanggung mempunyai kelengkapan sebagai penunjang pelayanan yaitu: rak buku, loker, rak penitipan, pengumuman koleksi baru, meja baca, ac.
2.5 STATISTIK KOLEKSI
Jumlah koleksi yang terdapat di Kantor Perpustakaan Temanggung terdiri dari;
1.      Fiksi                                2770       judul    4890    eksemplar
2.      Umum                             790         judul    1248    eksemplar
3.      Filsafah dan psikologi    693         judul    1170    eksemplar
4.      Agama                            1645       judul    2676    eksemplar
5.      Ilmu – ilmu social           2473       judul    3791    eksemplar
6.      Bahasa                            434         judul    781      eksemplar
7.      Ilmu – ilmu murni           828         judul    1333    eksemplar
8.      Ilmu – ilmu terapan        2745       judul    4371    eksemplar
9.      Kesenian, olahraga         829         judul    1416    eksemplar
10.  Kesusteraan                    553         judul    797      eksemplar
11.  Geografi, sejarah umum 558         judul    925      eksemplar

Jumlah koleksi tersebut merupakan koleksi umum, anak, maupun perpustakaan keliling.




BAB II
HASIL PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN


2.2  PENGADAAN
Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Umum Daerah Temanggug dilakukan selama 1 tahun sekali. Pengadaan tersebut dilakukan secara pembelian langsung. Kegiatan dalam pengadaan bahan pustaka meliputi :
3.      Pemilihan bahan pustaka
d.      Seleksi secara online,
e.       Survey harga : gramedia, Toga Mas, Sosial Agency,
f.       Mengisi data desiderata.
4.      Pembelian bahan pustaka
Dalam pembelian bahan pustaka dengan menunjukan rekanan,sesuai dengan pemilihan pustaka dengan ketentuan sebagai berikut:
e.       Di bawah 50 juta   :           pembelian langsug
f.       Di bawah 100 juta:            penujukan langsung
g.      Di bawah 200 juta:            pemililihan langsung 
h.      Di atas 200 juta    :            lelang
Rekan yang di tunjuk kemudian di beri waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan kemudian membuat dokumen pengadaan.
2.2 PENGOLAHAN
             Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan pokok dalam rangkain kegiatan perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka memungkinkan koleksi perpustakaan tertata secara sistematis dan ditemukan kembali secara efektif dan efisien.[5] Adapun kegiatan pengolahan bahan pustaka adalah:
d.      Pemberian stempel.
Pemberian stempel di lakukan tidak hanya di satu tadalahmpat saja tetapi di beberapa tempat yaitu: di halaman kolofon, halaman kolofon adalah halaman yang memuat isi buku,  halaman rahasia, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, sisi miring, halaman terakhir. Isi dari stempel adalah sebagai berikut :
4.      Stempel iventaris : pada halaman kolofon yang berisi nomer iventaris dan tanggal iventaris.
5.      Stempel kepemilikan / cap identitas : berisi cap dinas berbentuk bulat berisi identitas perpustakaan yang di tempatkan di halaman kolofon, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, halaman rahasia, dan sisi miring, halaman terakhir.
6.      Stempel bantuan : Jika bahan pustaka itu merupakan bantuan dari pemerintah. Stempel ini berbentuk persegi panjang yang bertuliskan bantuan pemerintah.
e.       Klasifikasi
                Klasifiksi merupakan penggolongan atau pengelompokan buku berdasarkan subjek atau isi bahan pustaka yang bersangkutan. Klasifikasi ini dilakukan untuk mempermudah pengguna maupun pustakawan dalam pencarian kembali bahan pustaka. Klasifiksi Perpustakaan Umum Temanggung menggunakan DDC edisi 23. Adapun unsure yang dapat di jadikan petunjuk dalam menentukan tajuk subjek adalah judul buku, kata pengantar, pendahuluan, daftar isi, dan apabila belum dapat di tentukan dengan membaca seluruh bahan pustaka.

f.       Entri Data Bibliografis
                Memasukan data bibliografi ke dalam computer dengan system otomasi program Slim Senayan Cedana. Adapun data yang dientri meliputi :
·         Nama Pengarang
·         Judul
·         Anak judul
·         Judul Seri
·         Penerjemah
·         Editor
·         Penyunting
·         Isbn
·         Bibliografi
·         Index
·         Kolasi
·         Impresum
·         No klasifikasi
Perlengkapan
5.      Label
Penulisan pada label berdasarkan TEU adalah:
·         Apabila pengarang 1 – 3 maka TEU yang di gunakan adalah 3 huruf nama pengarang pertama,
·         Apabila pengarang lebih dari 3, atau pengarang merupakan suatu tim ataupun badan korporasi maka TEU yang di gunakan 3 huruf adalah  judul buku,
·         Apabila buku pelajaran maka di beri kode V yang berarti volume di sertai dengan nama kelas.
Label memuat tentang:
·         Kode buku,
·         Nomor klasifikasi buku,
·         3 huruf pertama TEU,
·         Huruf pertama judul buku,
·         Volume/ jilid,
Label di letakkan pada punggung buku 3 cm dari bawah.
6.      Barcode
Identitas dari sebuah buku yang berisi nomor induk bahan pustaka dalam bentuk garis. Setiap bahan pustaka memiliki nomer barcode yang berbeda, barcode dapat dibaca dengan alat barcode kode.
7.      Date due
Lembar tanggal kembali ditempel disampul belakang buku bagian dalam fungsinya sebagai pengingat peminjam batas waktu pengembalian buku.
8.      Sampul
Kegiatan menyampul bahan pustaka dengan sampul plastic dengan tujuan keindahan dan kerapian bahan pustaka.

4.3  LAYANAN
             System pelayanan yang di gunakan di Perpusda Temanggung adalah system pelayan terbuka, Pengunjung bisa dapat langsung melihat – lihat buku dan mengambil sendiri. Layanan yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
D.    layanan sirkulasi
Jam buka layanan sirkulasi:
·         Senin – kamis                 07.30 – 17.15
·         Jum’at                             07.30 – 15.15
·         Sabtu                              09.00 – 15.00
·         Mingggu                         09.00 – 15.00
·         Hari besar tutup.
Layanan sirkulasi meliputi:
5.      Layanan anggota perpustakaan temanggung.
                Layanan ini berada di depan pintu Perpusda Temanggung, layanan ini tersedia formulir pendaftar dan juga di ruang lain di sediakan ruang foto sehingga kartu anggota perpusda seperti kartu KTP.
Syarat untuk membuat kartu anggota perpusda adalah:
4.      Isi formulir,
5.      Membawa pas foto 2x3 berwarna,
6.      Menunjukan kartu identitas.
6.      Layanan peminjaman buku
                Prosedur peminjaman yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
5.      Pemakai menyerahkan bahan pustaka yang akan di pinjam dan kartu anggota perpusda,
6.      Petugas men- scan buku dan kartu anggota dengan barcode reader.
7.      Mengecap tanggal kembali di halaman terahir di lembar date due,
8.      Petugas memberikan buku dan kartu anggota dengan memberitahukan tanggal kembali bahan pustaka yang di pinjam.
7.      Layanan pengembalian buku
                Prosedur pengembalian yang terdapat di Perpusda Temanggung:
5.      Pemakai menyerahkan kepada petugas bahan pustaka yang akan di kembalikan dan kartu anggota perpusda,
6.      Petugas cukup menscan buku atau kartu anggotanya saja dengan barcode reader,
7.      Petugas meneliti tanggal kembali bahan pustaka yang terdapat di lembar date due,
8.      Petugas memberikan kembali kartu anggota nya.
8.      Denda
                Bila pengembalian buku terlambat maka akan di kenakan denda berupa uang sebesar Rp 500 per buku per hari. Uang tersebut akan di masukan di kas Negara. Apabila buku tersebut hilang maka harus mengganti. kebijakan ini di lakukan agar peminjam lebih bertanggung jawab dan lebih disiplin dalam meminjam buku.
E.     Layanan ekstensi
3.      Perpustakaan keliling
          Perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang bergerak berkeliling ke tempat satu dengan tempat yang lain dengan menggunakan kendaraan dan membawa bahan pustaka serta memberikan layanan jasa perpustakaan kepada pengguna di daerah yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum/menetap.[6]
Perpustakaan keliling bertujuan untuk memberikan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat yang terpencil dan jauh dari Perpustakaan Umum.
4.      Pembinaam
          Pembinaan merupakan penyuluhan yang di lakukan oleh pustakawan kepada tenaga pustaka. Apabila tenaga pustaka menginginkan pembinaan maka tenaga membuat surat pengantar yang di tujukan kepada Perpustakaan Daerah untuk melakukan pembinaan.
F.      Layanan referensi
          Layanan ini merupakan salah satu jasa perpustakaan yang di sediakan bagi pengguna  untuk menemukan informasi yang di butuhkan,[7] dalam pelaksananya sumber referensi yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
·         Kamus,
·         Terbitan pemerintah,
·         Buku – buku mahal,
·         Bibliografi,,
·         Kliping,
·         Makalah,
·         Tesis,
·         Kliping,
·         Ensiklopedia.
3        Tata Tertib Perpustakaan Umum Temanggung.
10.  Tidak boleh memakai jaket dan membawa tas ke dalam ruangan koleksi,
11.  Setiap masuk pengunjung harus absen yang telah di sediakan di depan pintu masuk, yaitu dengan memasukan kertas berwarana merah adalah wanita dan warna hijau adalah pria, pengunjung di wajibkan memasukan kertas tersebut di kotak yang telah di sediakan menurut tingkatan, TK, SD, SMP, SMA, MAHASISWA, UMUM, PNS,
12.  Pengunjung di larang merokok, makan, minum, di dalam ruang koleksi,
13.  Pengunjung tidak boleh gaduh,
14.  Pengunjung tidak boleh merusak buku,
15.  Setelah selesai membaca pengunjung harus mengembalikan buku ke tempat semula,
16.  Peminjaman bahan koleksi maksimal 2 buku bagi setiap kartu anggota,
17.  Pengembalian maksimal 1 minggu setelah peminjaman,
18.  Apabila bahan pustaka hilang maka harus menggati sesuai buku yang telah hilang.

4.4  KONDISI PERPUSTAKAAN
2.      Keadaan perpustakaan
                Kantor Arsip, Perpustakaan , Dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung terletak di komplek Taman Kartini, atau tepatnya di Jln. Jend Sudirman 123 Temanggung. Gedung ini terdiri dari 2 lantai dengan luas lantai I: 988 m², dan lantai II: 1014 m². 
4        Gedung dan ruang
                Lantai I terdiri dari ruang pengolahan, ruang Kepala Perpustakaan, ruang foto kartu anggota, meja sirkulasi, ruang berkala dan referensi, ruang anak, toilet, musola, tendon koleksi.
Lantai II terdiri dari ruang multimedia, ruang koleksi umum, kantor TU, ruang tamu, kantor Arsip, aula,
5        Perlengkapan
                Kantor Perpusda Temanggung mempunyai kelengkapan sebagai penunjang pelayanan yaitu: rak buku, loker, rak penitipan, pengumuman koleksi baru, meja baca, ac.
2.5 STATISTIK KOLEKSI
Jumlah koleksi yang terdapat di Kantor Perpustakaan Temanggung terdiri dari;
12.  Fiksi                                2770       judul    4890    eksemplar
13.  Umum                             790         judul    1248    eksemplar
14.  Filsafah dan psikologi    693         judul    1170    eksemplar
15.  Agama                            1645       judul    2676    eksemplar
16.  Ilmu – ilmu social           2473       judul    3791    eksemplar
17.  Bahasa                            434         judul    781      eksemplar
18.  Ilmu – ilmu murni           828         judul    1333    eksemplar
19.  Ilmu – ilmu terapan        2745       judul    4371    eksemplar
20.  Kesenian, olahraga         829         judul    1416    eksemplar
21.  Kesusteraan                    553         judul    797      eksemplar
22.  Geografi, sejarah umum 558         judul    925      eksemplar

Jumlah koleksi tersebut merupakan koleksi umum, anak, maupun perpustakaan keliling.




BAB III
MASALAH DAN PEMECAHAN

3.1  MASALAH
a.       Ruang multimedia
Barang- barang yang pernah hilang, karena kurangnya penjagaan dan kewaspadaan.
b.      Absensi masuk ke Perpustakaan Umum Temanggung sebagian lupa dan kurang akurat.
c.       Bahan pustaka yang sangat besar peluang untuk kehilangan bahan pustaka.
3.2 PEMECAHAN
a.       Ruangm multimedia
ruang multimedia bisa di katakan perlengkapan yang terdapat di ruangan ini cukup mahal maka perlu seorang petugas penjaga yang berfungsi sebagai pengawas dan juga pemeliharan perlengkapan, kemudian alangkah baiknya setiap computer di berikan buku kegiatan sehinggan pemakai perlangkapan mengisi kegiatan yang di lakukanya juga kondisi computer setelah di pakai. Kemudian petugas mengecek kembali computer yang telah di pakai.
b.      Absensi pengunjung
sebaiknya  kartu anggota perpustakaan tidak hanya di gunakan untuk peminjaman dan pengembalian buku saja tetapi di gunakan untuk absen masuk, jadi di depan pintu masuk di pasang barcode reader untuk absen masuk, sebaiknya di letakan di dekat denganlayanan sirkulasi sehinga pengawasan bisa di laksankan.
c.       Bahan pustaka yang berpeluang besar untuk hilang.
Pustakawan  perlu pengawasan yang tepat di samping itu perlu adanya tag pada bahan pustaka dan pada pintu keluar masuk di beri sensor. Sehingga akan mengurangi peluang untuk kehilangan.




















BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dari hasil praktek kerja perpustakaan yang telah di laksanakan. Dapat di tarik kesimpulan bahwa Perpustakaan Umum Temanggung:
1.      Pengadaan buku yang di lakukan selama 1 tahun sekali dengan menggunakan seleksi secara online dan bekerjasama dengan beberapa rekanan.
2.      Pengolahan bahan pustaka yang efektif dan efisien dan dengan perlengkapan dengan menggunakan barcode reader sehingga memudahkan petugas mencatat bahan pustaka, juga menggunakan program slim senayan cedana sehingga OPAC menjadi lebih efektif.
3.      Pelayanan yang dilakukan dengan tegas dan perpustakaan keliling yang begitu di minati di berbagai anak – anak sekolah menambah daftar pengunjung dan kerjasama antar perpustakaan.
4.      Letak bangunan yang strategis dan kondisi bangunan yang begitu nyaman dengan di lengkapi WIFI.
4.2 SARAN
1.      Sebiknya terdapat layanan fotocopy sehingga apabila pemakai yang ingin memperoleh artikel yang tidak boleh di pinjam mereka bisa memfotocopy tanpa harus meninggalkan Kantor Perpustakaan Umum.
2.      Setiap bahan pustaka di beri pengaman sehingga meminimalisir kehilangan bahan pustaka
3.      Pemgumuman koleksi  buku baru sebaiknya di update setiap waktu.
4.      Di koleksi umum sebaiknya di tambah lagi pendingin ruangan karena setiap udara panas maka di lantai dua akan terasa sangat panas, sehinggan membaca pun tidak nyaman.

DAFTAR PUSTAKA
Sulistyo, Basuki. 1999. Pengantar Ilmu Perustakaan Jakarta : Universitas Terbuka.
Riko Bintari, M.Hum. Pembinaan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Sekolah : Uneveisitas Terbuka.
Royandiah, Ida. 2015. Praktek Kerja Perpustakaan : Universitas Terbuka.
www.pedoman pengolahan bahan pustaka. : di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00
WIB.

Budiyanto. Eko. 2011. Laporan Praktek Kerja Perpustakaan : Universitas Terbuka.

Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.














LAMPIRAN DESIDERATA

Contoh Desiderata

NO                              : 04/15/001
JUDUL                       : KOALA KOMAL
PENGARANG           : RADITYA DIKA
PENERBIT                 : TRANS MEDIA PUSTAKA PT _JKT – CGI NIX GAM
TAHUB TERBIT       : 2015
HARGA                     :RP 50,575



NO                              : 04/15/002
JUDUL                       : PERENCANAAN PEMBELAJARAN
PENGARANG           : HAMZAH B. UNO
PENERBIT                 : BUMI AKSARA
TAHUN TERBIT       : 2008
HARGA                     : RP 33,150


NO                              : 04/15/003
JUDUL                       : SUNSET BERSAMA ROSIE
PENGARANG           : TERE LIYE
PENERBIT                 :MAHAKA
TAHUN TERBIT       :2014
HARGA                     : Rp 50,000
           

LAMPIRAN KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN


Contoh kartu anggota














LAMPIRAN PEMINJAMAN BUKU


Contoh peminjaman bahan pustaka









LAMPIRAN PENGEMBALIAN BUKU









[1] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta,  19991 : 20
[2] www.pedoman pengolahan bahan pustaka.: Di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00 WIB
[3] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta, 19991:48
[4] Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.
[5] www.pedoman pengolahan bahan pustaka.: Di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00 WIB
[6] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta, 19991:48
[7] Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.BAB I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG
Perpustakaan merupakan tempat yang dapat memberikan informasi, wawasan, kepada masyrakat luas, yang membutuhkan sesuai dengan fungsi perpustakaan yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana informasi pendidikan, referensi, penelitian dan juga hiburan[1]. Perpustakaan merupakan tempat kurang diminati karena kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa pergi ke perpustakaan hanyalah membuang – buang waktu karena harus membaca sederatan bahkan berlembar – lembar halaman. Tetapi persepsi itu sangat di sayangkan karena dengan pergi ke perpustakaan kita akan dapat menemukan ilmu karena semakin banyak membaca semakin banyak pula informasi yang dapat kita serap. Penulis berharap perpustakaan menjadi prioritas utama yang harus di kunjungi.
Kegiatan utama dari semua jenis perpustakaan adalah pengadaan, pengolahan, pelayanan. Pada kegiatan tersebut nantinya akan di jadikan  sebagai materi dalam praktek kerja perpustakaan. Praktek ini di ikuti oleh semua mahasiswa S1 Perpustakaan yang telah menempuh mata kuliah yang di wajibkan.
Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Perpustakaan di harapkan mahasiswa dapat mngembangkan kemampuan dalam mengamati suatu proses kerja, pengumpulan data.
1.2  TUJUAN
A.    Tujuan Umum
Penulis diharapkan mampu memperoleh pngetahuan perpustakaan tidak hanya melalui teori saja tetapi secara praktek.
B.     Tujuan Khusus
1.      penulis dapat melaksanakan proses pelayanan sesuai dengan prosedur praktek,
2.      penulis dapat mengetehui secara langsung proses pengadaan barang,
3.      penulis dapat mengetahui secar langsung proses pengolahan barang,
4.      penulis dapat memahami konsep dan ketrampilan dasar dalam pengelolaan perpustakaan yang meliputi kegiatan pengembangan koleksi, pengolahan koleksi bahan pustaka, dan pelayan bahan pustaka.
BAB II
HASIL PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN


2.1  PENGADAAN
Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Umum Daerah Temanggug dilakukan selama 1 tahun sekali. Pengadaan tersebut dilakukan secara pembelian langsung. Kegiatan dalam pengadaan bahan pustaka meliputi :
1.      Pemilihan bahan pustaka
a.       Seleksi secara online,
b.      Survey harga : gramedia, Toga Mas, Sosial Agency,
c.       Mengisi data desiderata.
2.      Pembelian bahan pustaka
Dalam pembelian bahan pustaka dengan menunjukan rekanan,sesuai dengan pemilihan pustaka dengan ketentuan sebagai berikut:
a.       Di bawah 50 juta   :           pembelian langsug
b.      Di bawah 100 juta:            penujukan langsung
c.       Di bawah 200 juta:            pemililihan langsung 
d.      Di atas 200 juta    :            lelang
Rekan yang di tunjuk kemudian di beri waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan kemudian membuat dokumen pengadaan.
2.2 PENGOLAHAN
             Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan pokok dalam rangkaian kegiatan perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka memungkinkan koleksi perpustakaan tertata secara sistematis dan ditemukan kembali secara efektif dan efisien.[2] Adapun kegiatan pengolahan bahan pustaka adalah:
a.       Pemberian stempel.
Pemberian stempel di lakukan tidak hanya di satu tempat saja tetapi di beberapa tempat yaitu: di halaman kolofon, halaman kolofon adalah halaman yang memuat isi buku, bagian halaman rahasia, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, sisi miring. Isi dari stempel adalah sebagai berikut :
1.      Stempel iventaris : pada halaman kolofon yang berisi nomer iventaris dan tanggal iventaris. Halaman kolofon.
2.      Stempel kepemilikan / cap identitas : berisi cap dinas berbentuk bulat berisi identitas perpustakaan yang di tempatkan di halaman kolofon dan halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, halaman rahasia, dan sisi miring.
3.      Stempel bantuan : Jika bahan pustaka itu merupakan bantuan dari pemerintah. Stempel ini berbentuk persegi panjang yang bertuliskan bantuan pemerintah.
b.      Klasifikasi
                Klasifiksi merupakan penggolongan atau pengelompokan buku berdasarkan subjek atau isi bahan pustaka yang bersangkutan. Klasifikasi ini dilakukan untuk mempermudah pengguna maupun pustakawan dalam pencarian kembali bahan pustaka. Klasifiksi Perpustakaan Umum Temanggung menggunakan DDC edisi 23. Adapun unsure yang dapat di jadikan petunjuk dalam menentukan tajuk subjek adalah judul buku, kata pengantar, pendahuluan, daftar isi, dan apabila belum dapat di tentukan dengan membaca seluruh bahan pustaka.

c.       Entri Data Bibliografis
                Memasukan data bibliografi ke dalam computer dengan system otomasi program Slim Senayan Cedana. Adapun data yang dientri meliputi :
·         Nama Pengarang
·         Judul
·         Anak judul
·         Judul Seri
·         Penerjemah
·         Editor
·         Penyunting
·         Isbn
·         Bibliografi
·         Index
·         Kolasi
·         Impresum
·         No klasifikasi
Perlengkapan
1.      Label
Penulisan pada label berdasarkan TEU adalah:
·         Apabila pengarang 1 – 3 maka TEU yang di gunakan adalah 3 huruf nama pengarang pertama,
·         Apabila pengarang lebih dari 3, atau pengarang merupakan suatu tim ataupun badan korporasi maka TEU yang di gunakan 3 huruf adalah  judul buku,
·         Apabila buku pelajaran maka di beri kode V yang berarti volume di sertai dengan nama kelas.
Label memuat tentang:
·         Kode buku,
·         Nomor klasifikasi buku,
·         3 huruf pertama TEU,
·         Huruf pertama judul buku,
·         Volume/ jilid,
Label di letakkan pada punggung buku 3 cm dari bawah.
2.      Barcode
Identitas dari sebuah buku yang berisi nomor induk bahan pustaka dalam bentuk garis. Setiap bahan pustaka memiliki nomer barcode yang berbeda, barcode dapat dibaca dengan alat barcode kode.
3.      Date due
Lembar tanggal kembali ditempel disampul belakang buku bagian dalam fungsinya sebagai pengingat peminjam batas waktu pengembalian buku.
4.      Sampul
Kegiatan menyampul bahan pustaka dengan sampul plastic dengan tujuan keindahan dan kerapian bahan pustaka.

2.3  LAYANAN
             System pelayanan yang di gunakan di Perpusda Temanggung adalah system pelayan terbuka, Pengunjung bisa dapat langsung melihat – lihat buku dan mengambil sendiri. Layanan yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
A.    layanan sirkulasi
Jam buka layanan sirkulasi:
·         Senin – kamis                 07.30 – 17.15
·         Jum’at                             07.30 – 15.15
·         Sabtu                              09.00 – 15.00
·         Mingggu                         09.00 – 15.00
·         Hari besar tutup.


Layanan sirkulasi meliputi:
1.      Layanan anggota perpustakaan temanggung.
                Layanan ini berada di depan pintu Perpusda Temanggung, layanan ini tersedia formulir pendaftar dan juga di ruang lain di sediakan ruang foto sehingga kartu anggota perpusda seperti kartu KTP.
Syarat untuk membuat kartu anggota perpusda adalah:
1.      Isi formulir,
2.      Membawa pas foto 2x3 berwarna,
3.      Menunjukan kartu identitas.
2.      Layanan peminjaman buku
                Prosedur peminjaman yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
1.      Pemakai menyerahkan bahan pustaka yang akan di pinjam dan kartu anggota perpusda,
2.      Petugas men- scan buku dan kartu anggota dengan barcode reader.
3.      Mengecap tanggal kembali di halaman terahir di lembar date due,
4.      Petugas memberikan buku dan kartu anggota dengan memberitahukan tanggal kembali bahan pustaka yang di pinjam.
3.      Layanan pengembalian buku
                Prosedur pengembalian yang terdapat di Perpusda Temanggung:
1.      Pemakai menyerahkan kepada petugas bahan pustaka yang akan di kembalikan dan kartu anggota perpusda,
2.      Petugas cukup menscan buku atau kartu anggotanya saja dengan barcode reader,
3.      Petugas meneliti tanggal kembali bahan pustaka yang terdapat di lembar date due,
4.      Petugas memberikan kembali kartu anggota nya.
4.      Denda
                Bila pengembalian buku terlambat maka akan di kenakan denda berupa uang sebesar Rp 500 per buku per hari. Uang tersebut akan di masukan di kas Negara. Apabila buku tersebut hilang maka harus mengganti. kebijakan ini di lakukan agar peminjam lebih bertanggung jawab dan lebih disiplin dalam meminjam buku.








B.     Layanan ekstensi
1.      Perpustakaan keliling
          Perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang bergerak berkeliling ke tempat satu dengan tempat yang lain dengan menggunakan kendaraan dan membawa bahan pustaka serta memberikan layanan jasa perpustakaan kepada pengguna di daerah yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum/menetap.[3]
Perpustakaan keliling bertujuan untuk memberikan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat yang terpencil dan jauh dari Perpustakaan Umum.
2.      Pembinaam
          Pembinaan merupakan penyuluhan yang di lakukan oleh pustakawan kepada tenaga pustaka. Apabila tenaga pustaka menginginkan pembinaan maka tenaga membuat surat pengantar yang di tujukan kepada Perpustakaan Daerah untuk melakukan pembinaan.
C.     Layanan referensi
          Layanan ini merupakan salah satu jasa perpustakaan yang di sediakan bagi pengguna  untuk menemukan informasi yang di butuhkan,[4] dalam pelaksananya sumber referensi yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
·         Kamus,
·         Terbitan pemerintah,
·         Buku – buku mahal,
·         Bibliografi,,
·         Kliping,
·         Makalah,
·         Tesis,
·         Biografi
·         Ensiklopedia
1. Tata Tertib Perpustakaan Umum Temanggung.
1.      Tidak boleh memakai jaket dan membawa tas ke dalam ruangan koleksi,
2.      Setiap masuk pengunjung harus absen yang telah di sediakan di depan pintu masuk, yaitu dengan memasukan kertas berwarana merah adalah wanita dan warna hijau adalah pria, pengunjung di wajibkan memasukan kertas tersebut di kotak yang telah di sediakan menurut tingkatan, TK, SD, SMP, SMA, MAHASISWA, UMUM, PNS,
3.      Pengunjung di larang merokok, makan, minum, di dalam ruang koleksi,
4.      Pengunjung tidak boleh gaduh,
5.      Pengunjung tidak boleh merusak buku,
6.      Setelah selesai membaca pengunjung harus mengembalikan buku ke tempat semula,
7.      Peminjaman bahan koleksi maksimal 2 buku bagi setiap kartu anggota,
8.      Pengembalian maksimal 1 minggu setelah peminjaman,
9.      Apabila bahan pustaka hilang maka harus menggati sesuai buku yang telah hilang.
2.4  KONDISI PERPUSTAKAAN
1.      Keadaan perpustakaan
                Kantor Arsip, Perpustakaan , Dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung terletak di komplek Taman Kartini, atau tepatnya di Jln. Jend Sudirman 123 Temanggung. Gedung ini terdiri dari 2 lantai dengan luas lantai I: 988 m², dan lantai II: 1014 m². 
1        Gedung dan ruang
                Lantai I terdiri dari ruang pengolahan, ruang Kepala Perpustakaan, ruang foto kartu anggota, meja sirkulasi, ruang berkala dan referensi, ruang anak, toilet, musola, tendon koleksi.
Lantai II terdiri dari ruang multimedia, ruang koleksi umum, kantor TU, ruang tamu, kantor Arsip, aula,
2        Perlengkapan
                Kantor Perpusda Temanggung mempunyai kelengkapan sebagai penunjang pelayanan yaitu: rak buku, loker, rak penitipan, pengumuman koleksi baru, meja baca, ac.
2.5 STATISTIK KOLEKSI
Jumlah koleksi yang terdapat di Kantor Perpustakaan Temanggung terdiri dari;
1.      Fiksi                                2770       judul    4890    eksemplar
2.      Umum                             790         judul    1248    eksemplar
3.      Filsafah dan psikologi    693         judul    1170    eksemplar
4.      Agama                            1645       judul    2676    eksemplar
5.      Ilmu – ilmu social           2473       judul    3791    eksemplar
6.      Bahasa                            434         judul    781      eksemplar
7.      Ilmu – ilmu murni           828         judul    1333    eksemplar
8.      Ilmu – ilmu terapan        2745       judul    4371    eksemplar
9.      Kesenian, olahraga         829         judul    1416    eksemplar
10.  Kesusteraan                    553         judul    797      eksemplar
11.  Geografi, sejarah umum 558         judul    925      eksemplar

Jumlah koleksi tersebut merupakan koleksi umum, anak, maupun perpustakaan keliling.




BAB II
HASIL PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN


2.2  PENGADAAN
Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Umum Daerah Temanggug dilakukan selama 1 tahun sekali. Pengadaan tersebut dilakukan secara pembelian langsung. Kegiatan dalam pengadaan bahan pustaka meliputi :
3.      Pemilihan bahan pustaka
d.      Seleksi secara online,
e.       Survey harga : gramedia, Toga Mas, Sosial Agency,
f.       Mengisi data desiderata.
4.      Pembelian bahan pustaka
Dalam pembelian bahan pustaka dengan menunjukan rekanan,sesuai dengan pemilihan pustaka dengan ketentuan sebagai berikut:
e.       Di bawah 50 juta   :           pembelian langsug
f.       Di bawah 100 juta:            penujukan langsung
g.      Di bawah 200 juta:            pemililihan langsung 
h.      Di atas 200 juta    :            lelang
Rekan yang di tunjuk kemudian di beri waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan kemudian membuat dokumen pengadaan.
2.2 PENGOLAHAN
             Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan pokok dalam rangkain kegiatan perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka memungkinkan koleksi perpustakaan tertata secara sistematis dan ditemukan kembali secara efektif dan efisien.[5] Adapun kegiatan pengolahan bahan pustaka adalah:
d.      Pemberian stempel.
Pemberian stempel di lakukan tidak hanya di satu tadalahmpat saja tetapi di beberapa tempat yaitu: di halaman kolofon, halaman kolofon adalah halaman yang memuat isi buku,  halaman rahasia, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, sisi miring, halaman terakhir. Isi dari stempel adalah sebagai berikut :
4.      Stempel iventaris : pada halaman kolofon yang berisi nomer iventaris dan tanggal iventaris.
5.      Stempel kepemilikan / cap identitas : berisi cap dinas berbentuk bulat berisi identitas perpustakaan yang di tempatkan di halaman kolofon, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, halaman rahasia, dan sisi miring, halaman terakhir.
6.      Stempel bantuan : Jika bahan pustaka itu merupakan bantuan dari pemerintah. Stempel ini berbentuk persegi panjang yang bertuliskan bantuan pemerintah.
e.       Klasifikasi
                Klasifiksi merupakan penggolongan atau pengelompokan buku berdasarkan subjek atau isi bahan pustaka yang bersangkutan. Klasifikasi ini dilakukan untuk mempermudah pengguna maupun pustakawan dalam pencarian kembali bahan pustaka. Klasifiksi Perpustakaan Umum Temanggung menggunakan DDC edisi 23. Adapun unsure yang dapat di jadikan petunjuk dalam menentukan tajuk subjek adalah judul buku, kata pengantar, pendahuluan, daftar isi, dan apabila belum dapat di tentukan dengan membaca seluruh bahan pustaka.

f.       Entri Data Bibliografis
                Memasukan data bibliografi ke dalam computer dengan system otomasi program Slim Senayan Cedana. Adapun data yang dientri meliputi :
·         Nama Pengarang
·         Judul
·         Anak judul
·         Judul Seri
·         Penerjemah
·         Editor
·         Penyunting
·         Isbn
·         Bibliografi
·         Index
·         Kolasi
·         Impresum
·         No klasifikasi
Perlengkapan
5.      Label
Penulisan pada label berdasarkan TEU adalah:
·         Apabila pengarang 1 – 3 maka TEU yang di gunakan adalah 3 huruf nama pengarang pertama,
·         Apabila pengarang lebih dari 3, atau pengarang merupakan suatu tim ataupun badan korporasi maka TEU yang di gunakan 3 huruf adalah  judul buku,
·         Apabila buku pelajaran maka di beri kode V yang berarti volume di sertai dengan nama kelas.
Label memuat tentang:
·         Kode buku,
·         Nomor klasifikasi buku,
·         3 huruf pertama TEU,
·         Huruf pertama judul buku,
·         Volume/ jilid,
Label di letakkan pada punggung buku 3 cm dari bawah.
6.      Barcode
Identitas dari sebuah buku yang berisi nomor induk bahan pustaka dalam bentuk garis. Setiap bahan pustaka memiliki nomer barcode yang berbeda, barcode dapat dibaca dengan alat barcode kode.
7.      Date due
Lembar tanggal kembali ditempel disampul belakang buku bagian dalam fungsinya sebagai pengingat peminjam batas waktu pengembalian buku.
8.      Sampul
Kegiatan menyampul bahan pustaka dengan sampul plastic dengan tujuan keindahan dan kerapian bahan pustaka.

4.3  LAYANAN
             System pelayanan yang di gunakan di Perpusda Temanggung adalah system pelayan terbuka, Pengunjung bisa dapat langsung melihat – lihat buku dan mengambil sendiri. Layanan yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
D.    layanan sirkulasi
Jam buka layanan sirkulasi:
·         Senin – kamis                 07.30 – 17.15
·         Jum’at                             07.30 – 15.15
·         Sabtu                              09.00 – 15.00
·         Mingggu                         09.00 – 15.00
·         Hari besar tutup.
Layanan sirkulasi meliputi:
5.      Layanan anggota perpustakaan temanggung.
                Layanan ini berada di depan pintu Perpusda Temanggung, layanan ini tersedia formulir pendaftar dan juga di ruang lain di sediakan ruang foto sehingga kartu anggota perpusda seperti kartu KTP.
Syarat untuk membuat kartu anggota perpusda adalah:
4.      Isi formulir,
5.      Membawa pas foto 2x3 berwarna,
6.      Menunjukan kartu identitas.
6.      Layanan peminjaman buku
                Prosedur peminjaman yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
5.      Pemakai menyerahkan bahan pustaka yang akan di pinjam dan kartu anggota perpusda,
6.      Petugas men- scan buku dan kartu anggota dengan barcode reader.
7.      Mengecap tanggal kembali di halaman terahir di lembar date due,
8.      Petugas memberikan buku dan kartu anggota dengan memberitahukan tanggal kembali bahan pustaka yang di pinjam.
7.      Layanan pengembalian buku
                Prosedur pengembalian yang terdapat di Perpusda Temanggung:
5.      Pemakai menyerahkan kepada petugas bahan pustaka yang akan di kembalikan dan kartu anggota perpusda,
6.      Petugas cukup menscan buku atau kartu anggotanya saja dengan barcode reader,
7.      Petugas meneliti tanggal kembali bahan pustaka yang terdapat di lembar date due,
8.      Petugas memberikan kembali kartu anggota nya.
8.      Denda
                Bila pengembalian buku terlambat maka akan di kenakan denda berupa uang sebesar Rp 500 per buku per hari. Uang tersebut akan di masukan di kas Negara. Apabila buku tersebut hilang maka harus mengganti. kebijakan ini di lakukan agar peminjam lebih bertanggung jawab dan lebih disiplin dalam meminjam buku.
E.     Layanan ekstensi
3.      Perpustakaan keliling
          Perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang bergerak berkeliling ke tempat satu dengan tempat yang lain dengan menggunakan kendaraan dan membawa bahan pustaka serta memberikan layanan jasa perpustakaan kepada pengguna di daerah yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum/menetap.[6]
Perpustakaan keliling bertujuan untuk memberikan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat yang terpencil dan jauh dari Perpustakaan Umum.
4.      Pembinaam
          Pembinaan merupakan penyuluhan yang di lakukan oleh pustakawan kepada tenaga pustaka. Apabila tenaga pustaka menginginkan pembinaan maka tenaga membuat surat pengantar yang di tujukan kepada Perpustakaan Daerah untuk melakukan pembinaan.
F.      Layanan referensi
          Layanan ini merupakan salah satu jasa perpustakaan yang di sediakan bagi pengguna  untuk menemukan informasi yang di butuhkan,[7] dalam pelaksananya sumber referensi yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
·         Kamus,
·         Terbitan pemerintah,
·         Buku – buku mahal,
·         Bibliografi,,
·         Kliping,
·         Makalah,
·         Tesis,
·         Kliping,
·         Ensiklopedia.
3        Tata Tertib Perpustakaan Umum Temanggung.
10.  Tidak boleh memakai jaket dan membawa tas ke dalam ruangan koleksi,
11.  Setiap masuk pengunjung harus absen yang telah di sediakan di depan pintu masuk, yaitu dengan memasukan kertas berwarana merah adalah wanita dan warna hijau adalah pria, pengunjung di wajibkan memasukan kertas tersebut di kotak yang telah di sediakan menurut tingkatan, TK, SD, SMP, SMA, MAHASISWA, UMUM, PNS,
12.  Pengunjung di larang merokok, makan, minum, di dalam ruang koleksi,
13.  Pengunjung tidak boleh gaduh,
14.  Pengunjung tidak boleh merusak buku,
15.  Setelah selesai membaca pengunjung harus mengembalikan buku ke tempat semula,
16.  Peminjaman bahan koleksi maksimal 2 buku bagi setiap kartu anggota,
17.  Pengembalian maksimal 1 minggu setelah peminjaman,
18.  Apabila bahan pustaka hilang maka harus menggati sesuai buku yang telah hilang.

4.4  KONDISI PERPUSTAKAAN
2.      Keadaan perpustakaan
                Kantor Arsip, Perpustakaan , Dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung terletak di komplek Taman Kartini, atau tepatnya di Jln. Jend Sudirman 123 Temanggung. Gedung ini terdiri dari 2 lantai dengan luas lantai I: 988 m², dan lantai II: 1014 m². 
4        Gedung dan ruang
                Lantai I terdiri dari ruang pengolahan, ruang Kepala Perpustakaan, ruang foto kartu anggota, meja sirkulasi, ruang berkala dan referensi, ruang anak, toilet, musola, tendon koleksi.
Lantai II terdiri dari ruang multimedia, ruang koleksi umum, kantor TU, ruang tamu, kantor Arsip, aula,
5        Perlengkapan
                Kantor Perpusda Temanggung mempunyai kelengkapan sebagai penunjang pelayanan yaitu: rak buku, loker, rak penitipan, pengumuman koleksi baru, meja baca, ac.
2.5 STATISTIK KOLEKSI
Jumlah koleksi yang terdapat di Kantor Perpustakaan Temanggung terdiri dari;
12.  Fiksi                                2770       judul    4890    eksemplar
13.  Umum                             790         judul    1248    eksemplar
14.  Filsafah dan psikologi    693         judul    1170    eksemplar
15.  Agama                            1645       judul    2676    eksemplar
16.  Ilmu – ilmu social           2473       judul    3791    eksemplar
17.  Bahasa                            434         judul    781      eksemplar
18.  Ilmu – ilmu murni           828         judul    1333    eksemplar
19.  Ilmu – ilmu terapan        2745       judul    4371    eksemplar
20.  Kesenian, olahraga         829         judul    1416    eksemplar
21.  Kesusteraan                    553         judul    797      eksemplar
22.  Geografi, sejarah umum 558         judul    925      eksemplar

Jumlah koleksi tersebut merupakan koleksi umum, anak, maupun perpustakaan keliling.




BAB III
MASALAH DAN PEMECAHAN

3.1  MASALAH
a.       Ruang multimedia
Barang- barang yang pernah hilang, karena kurangnya penjagaan dan kewaspadaan.
b.      Absensi masuk ke Perpustakaan Umum Temanggung sebagian lupa dan kurang akurat.
c.       Bahan pustaka yang sangat besar peluang untuk kehilangan bahan pustaka.
3.2 PEMECAHAN
a.       Ruangm multimedia
ruang multimedia bisa di katakan perlengkapan yang terdapat di ruangan ini cukup mahal maka perlu seorang petugas penjaga yang berfungsi sebagai pengawas dan juga pemeliharan perlengkapan, kemudian alangkah baiknya setiap computer di berikan buku kegiatan sehinggan pemakai perlangkapan mengisi kegiatan yang di lakukanya juga kondisi computer setelah di pakai. Kemudian petugas mengecek kembali computer yang telah di pakai.
b.      Absensi pengunjung
sebaiknya  kartu anggota perpustakaan tidak hanya di gunakan untuk peminjaman dan pengembalian buku saja tetapi di gunakan untuk absen masuk, jadi di depan pintu masuk di pasang barcode reader untuk absen masuk, sebaiknya di letakan di dekat denganlayanan sirkulasi sehinga pengawasan bisa di laksankan.
c.       Bahan pustaka yang berpeluang besar untuk hilang.
Pustakawan  perlu pengawasan yang tepat di samping itu perlu adanya tag pada bahan pustaka dan pada pintu keluar masuk di beri sensor. Sehingga akan mengurangi peluang untuk kehilangan.




















BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dari hasil praktek kerja perpustakaan yang telah di laksanakan. Dapat di tarik kesimpulan bahwa Perpustakaan Umum Temanggung:
1.      Pengadaan buku yang di lakukan selama 1 tahun sekali dengan menggunakan seleksi secara online dan bekerjasama dengan beberapa rekanan.
2.      Pengolahan bahan pustaka yang efektif dan efisien dan dengan perlengkapan dengan menggunakan barcode reader sehingga memudahkan petugas mencatat bahan pustaka, juga menggunakan program slim senayan cedana sehingga OPAC menjadi lebih efektif.
3.      Pelayanan yang dilakukan dengan tegas dan perpustakaan keliling yang begitu di minati di berbagai anak – anak sekolah menambah daftar pengunjung dan kerjasama antar perpustakaan.
4.      Letak bangunan yang strategis dan kondisi bangunan yang begitu nyaman dengan di lengkapi WIFI.
4.2 SARAN
1.      Sebiknya terdapat layanan fotocopy sehingga apabila pemakai yang ingin memperoleh artikel yang tidak boleh di pinjam mereka bisa memfotocopy tanpa harus meninggalkan Kantor Perpustakaan Umum.
2.      Setiap bahan pustaka di beri pengaman sehingga meminimalisir kehilangan bahan pustaka
3.      Pemgumuman koleksi  buku baru sebaiknya di update setiap waktu.
4.      Di koleksi umum sebaiknya di tambah lagi pendingin ruangan karena setiap udara panas maka di lantai dua akan terasa sangat panas, sehinggan membaca pun tidak nyaman.

DAFTAR PUSTAKA
Sulistyo, Basuki. 1999. Pengantar Ilmu Perustakaan Jakarta : Universitas Terbuka.
Riko Bintari, M.Hum. Pembinaan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Sekolah : Uneveisitas Terbuka.
Royandiah, Ida. 2015. Praktek Kerja Perpustakaan : Universitas Terbuka.
www.pedoman pengolahan bahan pustaka. : di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00
WIB.

Budiyanto. Eko. 2011. Laporan Praktek Kerja Perpustakaan : Universitas Terbuka.

Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.














LAMPIRAN DESIDERATA

Contoh Desiderata

NO                              : 04/15/001
JUDUL                       : KOALA KOMAL
PENGARANG           : RADITYA DIKA
PENERBIT                 : TRANS MEDIA PUSTAKA PT _JKT – CGI NIX GAM
TAHUB TERBIT       : 2015
HARGA                     :RP 50,575



NO                              : 04/15/002
JUDUL                       : PERENCANAAN PEMBELAJARAN
PENGARANG           : HAMZAH B. UNO
PENERBIT                 : BUMI AKSARA
TAHUN TERBIT       : 2008
HARGA                     : RP 33,150


NO                              : 04/15/003
JUDUL                       : SUNSET BERSAMA ROSIE
PENGARANG           : TERE LIYE
PENERBIT                 :MAHAKA
TAHUN TERBIT       :2014
HARGA                     : Rp 50,000
           

LAMPIRAN KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN


Contoh kartu anggota














LAMPIRAN PEMINJAMAN BUKU


Contoh peminjaman bahan pustaka



 BAB I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG
Perpustakaan merupakan tempat yang dapat memberikan informasi, wawasan, kepada masyrakat luas, yang membutuhkan sesuai dengan fungsi perpustakaan yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana informasi pendidikan, referensi, penelitian dan juga hiburan[1]. Perpustakaan merupakan tempat kurang diminati karena kebanyakan masyarakat beranggapan bahwa pergi ke perpustakaan hanyalah membuang – buang waktu karena harus membaca sederatan bahkan berlembar – lembar halaman. Tetapi persepsi itu sangat di sayangkan karena dengan pergi ke perpustakaan kita akan dapat menemukan ilmu karena semakin banyak membaca semakin banyak pula informasi yang dapat kita serap. Penulis berharap perpustakaan menjadi prioritas utama yang harus di kunjungi.
Kegiatan utama dari semua jenis perpustakaan adalah pengadaan, pengolahan, pelayanan. Pada kegiatan tersebut nantinya akan di jadikan  sebagai materi dalam praktek kerja perpustakaan. Praktek ini di ikuti oleh semua mahasiswa S1 Perpustakaan yang telah menempuh mata kuliah yang di wajibkan.
Dengan adanya kegiatan Praktek Kerja Perpustakaan di harapkan mahasiswa dapat mngembangkan kemampuan dalam mengamati suatu proses kerja, pengumpulan data.
1.2  TUJUAN
A.    Tujuan Umum
Penulis diharapkan mampu memperoleh pngetahuan perpustakaan tidak hanya melalui teori saja tetapi secara praktek.
B.     Tujuan Khusus
1.      penulis dapat melaksanakan proses pelayanan sesuai dengan prosedur praktek,
2.      penulis dapat mengetehui secara langsung proses pengadaan barang,
3.      penulis dapat mengetahui secar langsung proses pengolahan barang,
4.      penulis dapat memahami konsep dan ketrampilan dasar dalam pengelolaan perpustakaan yang meliputi kegiatan pengembangan koleksi, pengolahan koleksi bahan pustaka, dan pelayan bahan pustaka.
BAB II
HASIL PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN


2.1  PENGADAAN
Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Umum Daerah Temanggug dilakukan selama 1 tahun sekali. Pengadaan tersebut dilakukan secara pembelian langsung. Kegiatan dalam pengadaan bahan pustaka meliputi :
1.      Pemilihan bahan pustaka
a.       Seleksi secara online,
b.      Survey harga : gramedia, Toga Mas, Sosial Agency,
c.       Mengisi data desiderata.
2.      Pembelian bahan pustaka
Dalam pembelian bahan pustaka dengan menunjukan rekanan,sesuai dengan pemilihan pustaka dengan ketentuan sebagai berikut:
a.       Di bawah 50 juta   :           pembelian langsug
b.      Di bawah 100 juta:            penujukan langsung
c.       Di bawah 200 juta:            pemililihan langsung 
d.      Di atas 200 juta    :            lelang
Rekan yang di tunjuk kemudian di beri waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan kemudian membuat dokumen pengadaan.
2.2 PENGOLAHAN
             Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan pokok dalam rangkaian kegiatan perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka memungkinkan koleksi perpustakaan tertata secara sistematis dan ditemukan kembali secara efektif dan efisien.[2] Adapun kegiatan pengolahan bahan pustaka adalah:
a.       Pemberian stempel.
Pemberian stempel di lakukan tidak hanya di satu tempat saja tetapi di beberapa tempat yaitu: di halaman kolofon, halaman kolofon adalah halaman yang memuat isi buku, bagian halaman rahasia, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, sisi miring. Isi dari stempel adalah sebagai berikut :
1.      Stempel iventaris : pada halaman kolofon yang berisi nomer iventaris dan tanggal iventaris. Halaman kolofon.
2.      Stempel kepemilikan / cap identitas : berisi cap dinas berbentuk bulat berisi identitas perpustakaan yang di tempatkan di halaman kolofon dan halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, halaman rahasia, dan sisi miring.
3.      Stempel bantuan : Jika bahan pustaka itu merupakan bantuan dari pemerintah. Stempel ini berbentuk persegi panjang yang bertuliskan bantuan pemerintah.
b.      Klasifikasi
                Klasifiksi merupakan penggolongan atau pengelompokan buku berdasarkan subjek atau isi bahan pustaka yang bersangkutan. Klasifikasi ini dilakukan untuk mempermudah pengguna maupun pustakawan dalam pencarian kembali bahan pustaka. Klasifiksi Perpustakaan Umum Temanggung menggunakan DDC edisi 23. Adapun unsure yang dapat di jadikan petunjuk dalam menentukan tajuk subjek adalah judul buku, kata pengantar, pendahuluan, daftar isi, dan apabila belum dapat di tentukan dengan membaca seluruh bahan pustaka.

c.       Entri Data Bibliografis
                Memasukan data bibliografi ke dalam computer dengan system otomasi program Slim Senayan Cedana. Adapun data yang dientri meliputi :
·         Nama Pengarang
·         Judul
·         Anak judul
·         Judul Seri
·         Penerjemah
·         Editor
·         Penyunting
·         Isbn
·         Bibliografi
·         Index
·         Kolasi
·         Impresum
·         No klasifikasi
Perlengkapan
1.      Label
Penulisan pada label berdasarkan TEU adalah:
·         Apabila pengarang 1 – 3 maka TEU yang di gunakan adalah 3 huruf nama pengarang pertama,
·         Apabila pengarang lebih dari 3, atau pengarang merupakan suatu tim ataupun badan korporasi maka TEU yang di gunakan 3 huruf adalah  judul buku,
·         Apabila buku pelajaran maka di beri kode V yang berarti volume di sertai dengan nama kelas.
Label memuat tentang:
·         Kode buku,
·         Nomor klasifikasi buku,
·         3 huruf pertama TEU,
·         Huruf pertama judul buku,
·         Volume/ jilid,
Label di letakkan pada punggung buku 3 cm dari bawah.
2.      Barcode
Identitas dari sebuah buku yang berisi nomor induk bahan pustaka dalam bentuk garis. Setiap bahan pustaka memiliki nomer barcode yang berbeda, barcode dapat dibaca dengan alat barcode kode.
3.      Date due
Lembar tanggal kembali ditempel disampul belakang buku bagian dalam fungsinya sebagai pengingat peminjam batas waktu pengembalian buku.
4.      Sampul
Kegiatan menyampul bahan pustaka dengan sampul plastic dengan tujuan keindahan dan kerapian bahan pustaka.

2.3  LAYANAN
             System pelayanan yang di gunakan di Perpusda Temanggung adalah system pelayan terbuka, Pengunjung bisa dapat langsung melihat – lihat buku dan mengambil sendiri. Layanan yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
A.    layanan sirkulasi
Jam buka layanan sirkulasi:
·         Senin – kamis                 07.30 – 17.15
·         Jum’at                             07.30 – 15.15
·         Sabtu                              09.00 – 15.00
·         Mingggu                         09.00 – 15.00
·         Hari besar tutup.


Layanan sirkulasi meliputi:
1.      Layanan anggota perpustakaan temanggung.
                Layanan ini berada di depan pintu Perpusda Temanggung, layanan ini tersedia formulir pendaftar dan juga di ruang lain di sediakan ruang foto sehingga kartu anggota perpusda seperti kartu KTP.
Syarat untuk membuat kartu anggota perpusda adalah:
1.      Isi formulir,
2.      Membawa pas foto 2x3 berwarna,
3.      Menunjukan kartu identitas.
2.      Layanan peminjaman buku
                Prosedur peminjaman yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
1.      Pemakai menyerahkan bahan pustaka yang akan di pinjam dan kartu anggota perpusda,
2.      Petugas men- scan buku dan kartu anggota dengan barcode reader.
3.      Mengecap tanggal kembali di halaman terahir di lembar date due,
4.      Petugas memberikan buku dan kartu anggota dengan memberitahukan tanggal kembali bahan pustaka yang di pinjam.
3.      Layanan pengembalian buku
                Prosedur pengembalian yang terdapat di Perpusda Temanggung:
1.      Pemakai menyerahkan kepada petugas bahan pustaka yang akan di kembalikan dan kartu anggota perpusda,
2.      Petugas cukup menscan buku atau kartu anggotanya saja dengan barcode reader,
3.      Petugas meneliti tanggal kembali bahan pustaka yang terdapat di lembar date due,
4.      Petugas memberikan kembali kartu anggota nya.
4.      Denda
                Bila pengembalian buku terlambat maka akan di kenakan denda berupa uang sebesar Rp 500 per buku per hari. Uang tersebut akan di masukan di kas Negara. Apabila buku tersebut hilang maka harus mengganti. kebijakan ini di lakukan agar peminjam lebih bertanggung jawab dan lebih disiplin dalam meminjam buku.








B.     Layanan ekstensi
1.      Perpustakaan keliling
          Perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang bergerak berkeliling ke tempat satu dengan tempat yang lain dengan menggunakan kendaraan dan membawa bahan pustaka serta memberikan layanan jasa perpustakaan kepada pengguna di daerah yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum/menetap.[3]
Perpustakaan keliling bertujuan untuk memberikan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat yang terpencil dan jauh dari Perpustakaan Umum.
2.      Pembinaam
          Pembinaan merupakan penyuluhan yang di lakukan oleh pustakawan kepada tenaga pustaka. Apabila tenaga pustaka menginginkan pembinaan maka tenaga membuat surat pengantar yang di tujukan kepada Perpustakaan Daerah untuk melakukan pembinaan.
C.     Layanan referensi
          Layanan ini merupakan salah satu jasa perpustakaan yang di sediakan bagi pengguna  untuk menemukan informasi yang di butuhkan,[4] dalam pelaksananya sumber referensi yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
·         Kamus,
·         Terbitan pemerintah,
·         Buku – buku mahal,
·         Bibliografi,,
·         Kliping,
·         Makalah,
·         Tesis,
·         Biografi
·         Ensiklopedia
1. Tata Tertib Perpustakaan Umum Temanggung.
1.      Tidak boleh memakai jaket dan membawa tas ke dalam ruangan koleksi,
2.      Setiap masuk pengunjung harus absen yang telah di sediakan di depan pintu masuk, yaitu dengan memasukan kertas berwarana merah adalah wanita dan warna hijau adalah pria, pengunjung di wajibkan memasukan kertas tersebut di kotak yang telah di sediakan menurut tingkatan, TK, SD, SMP, SMA, MAHASISWA, UMUM, PNS,
3.      Pengunjung di larang merokok, makan, minum, di dalam ruang koleksi,
4.      Pengunjung tidak boleh gaduh,
5.      Pengunjung tidak boleh merusak buku,
6.      Setelah selesai membaca pengunjung harus mengembalikan buku ke tempat semula,
7.      Peminjaman bahan koleksi maksimal 2 buku bagi setiap kartu anggota,
8.      Pengembalian maksimal 1 minggu setelah peminjaman,
9.      Apabila bahan pustaka hilang maka harus menggati sesuai buku yang telah hilang.
2.4  KONDISI PERPUSTAKAAN
1.      Keadaan perpustakaan
                Kantor Arsip, Perpustakaan , Dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung terletak di komplek Taman Kartini, atau tepatnya di Jln. Jend Sudirman 123 Temanggung. Gedung ini terdiri dari 2 lantai dengan luas lantai I: 988 m², dan lantai II: 1014 m². 
1        Gedung dan ruang
                Lantai I terdiri dari ruang pengolahan, ruang Kepala Perpustakaan, ruang foto kartu anggota, meja sirkulasi, ruang berkala dan referensi, ruang anak, toilet, musola, tendon koleksi.
Lantai II terdiri dari ruang multimedia, ruang koleksi umum, kantor TU, ruang tamu, kantor Arsip, aula,
2        Perlengkapan
                Kantor Perpusda Temanggung mempunyai kelengkapan sebagai penunjang pelayanan yaitu: rak buku, loker, rak penitipan, pengumuman koleksi baru, meja baca, ac.
2.5 STATISTIK KOLEKSI
Jumlah koleksi yang terdapat di Kantor Perpustakaan Temanggung terdiri dari;
1.      Fiksi                                2770       judul    4890    eksemplar
2.      Umum                             790         judul    1248    eksemplar
3.      Filsafah dan psikologi    693         judul    1170    eksemplar
4.      Agama                            1645       judul    2676    eksemplar
5.      Ilmu – ilmu social           2473       judul    3791    eksemplar
6.      Bahasa                            434         judul    781      eksemplar
7.      Ilmu – ilmu murni           828         judul    1333    eksemplar
8.      Ilmu – ilmu terapan        2745       judul    4371    eksemplar
9.      Kesenian, olahraga         829         judul    1416    eksemplar
10.  Kesusteraan                    553         judul    797      eksemplar
11.  Geografi, sejarah umum 558         judul    925      eksemplar

Jumlah koleksi tersebut merupakan koleksi umum, anak, maupun perpustakaan keliling.




BAB II
HASIL PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN


2.2  PENGADAAN
Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Umum Daerah Temanggug dilakukan selama 1 tahun sekali. Pengadaan tersebut dilakukan secara pembelian langsung. Kegiatan dalam pengadaan bahan pustaka meliputi :
3.      Pemilihan bahan pustaka
d.      Seleksi secara online,
e.       Survey harga : gramedia, Toga Mas, Sosial Agency,
f.       Mengisi data desiderata.
4.      Pembelian bahan pustaka
Dalam pembelian bahan pustaka dengan menunjukan rekanan,sesuai dengan pemilihan pustaka dengan ketentuan sebagai berikut:
e.       Di bawah 50 juta   :           pembelian langsug
f.       Di bawah 100 juta:            penujukan langsung
g.      Di bawah 200 juta:            pemililihan langsung 
h.      Di atas 200 juta    :            lelang
Rekan yang di tunjuk kemudian di beri waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan kemudian membuat dokumen pengadaan.
2.2 PENGOLAHAN
             Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu kegiatan pokok dalam rangkain kegiatan perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka memungkinkan koleksi perpustakaan tertata secara sistematis dan ditemukan kembali secara efektif dan efisien.[5] Adapun kegiatan pengolahan bahan pustaka adalah:
d.      Pemberian stempel.
Pemberian stempel di lakukan tidak hanya di satu tadalahmpat saja tetapi di beberapa tempat yaitu: di halaman kolofon, halaman kolofon adalah halaman yang memuat isi buku,  halaman rahasia, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, sisi miring, halaman terakhir. Isi dari stempel adalah sebagai berikut :
4.      Stempel iventaris : pada halaman kolofon yang berisi nomer iventaris dan tanggal iventaris.
5.      Stempel kepemilikan / cap identitas : berisi cap dinas berbentuk bulat berisi identitas perpustakaan yang di tempatkan di halaman kolofon, halaman terakhir yang berkenaan dengan isi buku, halaman rahasia, dan sisi miring, halaman terakhir.
6.      Stempel bantuan : Jika bahan pustaka itu merupakan bantuan dari pemerintah. Stempel ini berbentuk persegi panjang yang bertuliskan bantuan pemerintah.
e.       Klasifikasi
                Klasifiksi merupakan penggolongan atau pengelompokan buku berdasarkan subjek atau isi bahan pustaka yang bersangkutan. Klasifikasi ini dilakukan untuk mempermudah pengguna maupun pustakawan dalam pencarian kembali bahan pustaka. Klasifiksi Perpustakaan Umum Temanggung menggunakan DDC edisi 23. Adapun unsure yang dapat di jadikan petunjuk dalam menentukan tajuk subjek adalah judul buku, kata pengantar, pendahuluan, daftar isi, dan apabila belum dapat di tentukan dengan membaca seluruh bahan pustaka.

f.       Entri Data Bibliografis
                Memasukan data bibliografi ke dalam computer dengan system otomasi program Slim Senayan Cedana. Adapun data yang dientri meliputi :
·         Nama Pengarang
·         Judul
·         Anak judul
·         Judul Seri
·         Penerjemah
·         Editor
·         Penyunting
·         Isbn
·         Bibliografi
·         Index
·         Kolasi
·         Impresum
·         No klasifikasi
Perlengkapan
5.      Label
Penulisan pada label berdasarkan TEU adalah:
·         Apabila pengarang 1 – 3 maka TEU yang di gunakan adalah 3 huruf nama pengarang pertama,
·         Apabila pengarang lebih dari 3, atau pengarang merupakan suatu tim ataupun badan korporasi maka TEU yang di gunakan 3 huruf adalah  judul buku,
·         Apabila buku pelajaran maka di beri kode V yang berarti volume di sertai dengan nama kelas.
Label memuat tentang:
·         Kode buku,
·         Nomor klasifikasi buku,
·         3 huruf pertama TEU,
·         Huruf pertama judul buku,
·         Volume/ jilid,
Label di letakkan pada punggung buku 3 cm dari bawah.
6.      Barcode
Identitas dari sebuah buku yang berisi nomor induk bahan pustaka dalam bentuk garis. Setiap bahan pustaka memiliki nomer barcode yang berbeda, barcode dapat dibaca dengan alat barcode kode.
7.      Date due
Lembar tanggal kembali ditempel disampul belakang buku bagian dalam fungsinya sebagai pengingat peminjam batas waktu pengembalian buku.
8.      Sampul
Kegiatan menyampul bahan pustaka dengan sampul plastic dengan tujuan keindahan dan kerapian bahan pustaka.

4.3  LAYANAN
             System pelayanan yang di gunakan di Perpusda Temanggung adalah system pelayan terbuka, Pengunjung bisa dapat langsung melihat – lihat buku dan mengambil sendiri. Layanan yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
D.    layanan sirkulasi
Jam buka layanan sirkulasi:
·         Senin – kamis                 07.30 – 17.15
·         Jum’at                             07.30 – 15.15
·         Sabtu                              09.00 – 15.00
·         Mingggu                         09.00 – 15.00
·         Hari besar tutup.
Layanan sirkulasi meliputi:
5.      Layanan anggota perpustakaan temanggung.
                Layanan ini berada di depan pintu Perpusda Temanggung, layanan ini tersedia formulir pendaftar dan juga di ruang lain di sediakan ruang foto sehingga kartu anggota perpusda seperti kartu KTP.
Syarat untuk membuat kartu anggota perpusda adalah:
4.      Isi formulir,
5.      Membawa pas foto 2x3 berwarna,
6.      Menunjukan kartu identitas.
6.      Layanan peminjaman buku
                Prosedur peminjaman yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
5.      Pemakai menyerahkan bahan pustaka yang akan di pinjam dan kartu anggota perpusda,
6.      Petugas men- scan buku dan kartu anggota dengan barcode reader.
7.      Mengecap tanggal kembali di halaman terahir di lembar date due,
8.      Petugas memberikan buku dan kartu anggota dengan memberitahukan tanggal kembali bahan pustaka yang di pinjam.
7.      Layanan pengembalian buku
                Prosedur pengembalian yang terdapat di Perpusda Temanggung:
5.      Pemakai menyerahkan kepada petugas bahan pustaka yang akan di kembalikan dan kartu anggota perpusda,
6.      Petugas cukup menscan buku atau kartu anggotanya saja dengan barcode reader,
7.      Petugas meneliti tanggal kembali bahan pustaka yang terdapat di lembar date due,
8.      Petugas memberikan kembali kartu anggota nya.
8.      Denda
                Bila pengembalian buku terlambat maka akan di kenakan denda berupa uang sebesar Rp 500 per buku per hari. Uang tersebut akan di masukan di kas Negara. Apabila buku tersebut hilang maka harus mengganti. kebijakan ini di lakukan agar peminjam lebih bertanggung jawab dan lebih disiplin dalam meminjam buku.
E.     Layanan ekstensi
3.      Perpustakaan keliling
          Perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang bergerak berkeliling ke tempat satu dengan tempat yang lain dengan menggunakan kendaraan dan membawa bahan pustaka serta memberikan layanan jasa perpustakaan kepada pengguna di daerah yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum/menetap.[6]
Perpustakaan keliling bertujuan untuk memberikan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat yang terpencil dan jauh dari Perpustakaan Umum.
4.      Pembinaam
          Pembinaan merupakan penyuluhan yang di lakukan oleh pustakawan kepada tenaga pustaka. Apabila tenaga pustaka menginginkan pembinaan maka tenaga membuat surat pengantar yang di tujukan kepada Perpustakaan Daerah untuk melakukan pembinaan.
F.      Layanan referensi
          Layanan ini merupakan salah satu jasa perpustakaan yang di sediakan bagi pengguna  untuk menemukan informasi yang di butuhkan,[7] dalam pelaksananya sumber referensi yang terdapat di Perpusda Temanggung adalah:
·         Kamus,
·         Terbitan pemerintah,
·         Buku – buku mahal,
·         Bibliografi,,
·         Kliping,
·         Makalah,
·         Tesis,
·         Kliping,
·         Ensiklopedia.
3        Tata Tertib Perpustakaan Umum Temanggung.
10.  Tidak boleh memakai jaket dan membawa tas ke dalam ruangan koleksi,
11.  Setiap masuk pengunjung harus absen yang telah di sediakan di depan pintu masuk, yaitu dengan memasukan kertas berwarana merah adalah wanita dan warna hijau adalah pria, pengunjung di wajibkan memasukan kertas tersebut di kotak yang telah di sediakan menurut tingkatan, TK, SD, SMP, SMA, MAHASISWA, UMUM, PNS,
12.  Pengunjung di larang merokok, makan, minum, di dalam ruang koleksi,
13.  Pengunjung tidak boleh gaduh,
14.  Pengunjung tidak boleh merusak buku,
15.  Setelah selesai membaca pengunjung harus mengembalikan buku ke tempat semula,
16.  Peminjaman bahan koleksi maksimal 2 buku bagi setiap kartu anggota,
17.  Pengembalian maksimal 1 minggu setelah peminjaman,
18.  Apabila bahan pustaka hilang maka harus menggati sesuai buku yang telah hilang.

4.4  KONDISI PERPUSTAKAAN
2.      Keadaan perpustakaan
                Kantor Arsip, Perpustakaan , Dan Dokumentasi Kabupaten Temanggung terletak di komplek Taman Kartini, atau tepatnya di Jln. Jend Sudirman 123 Temanggung. Gedung ini terdiri dari 2 lantai dengan luas lantai I: 988 m², dan lantai II: 1014 m². 
4        Gedung dan ruang
                Lantai I terdiri dari ruang pengolahan, ruang Kepala Perpustakaan, ruang foto kartu anggota, meja sirkulasi, ruang berkala dan referensi, ruang anak, toilet, musola, tendon koleksi.
Lantai II terdiri dari ruang multimedia, ruang koleksi umum, kantor TU, ruang tamu, kantor Arsip, aula,
5        Perlengkapan
                Kantor Perpusda Temanggung mempunyai kelengkapan sebagai penunjang pelayanan yaitu: rak buku, loker, rak penitipan, pengumuman koleksi baru, meja baca, ac.
2.5 STATISTIK KOLEKSI
Jumlah koleksi yang terdapat di Kantor Perpustakaan Temanggung terdiri dari;
12.  Fiksi                                2770       judul    4890    eksemplar
13.  Umum                             790         judul    1248    eksemplar
14.  Filsafah dan psikologi    693         judul    1170    eksemplar
15.  Agama                            1645       judul    2676    eksemplar
16.  Ilmu – ilmu social           2473       judul    3791    eksemplar
17.  Bahasa                            434         judul    781      eksemplar
18.  Ilmu – ilmu murni           828         judul    1333    eksemplar
19.  Ilmu – ilmu terapan        2745       judul    4371    eksemplar
20.  Kesenian, olahraga         829         judul    1416    eksemplar
21.  Kesusteraan                    553         judul    797      eksemplar
22.  Geografi, sejarah umum 558         judul    925      eksemplar

Jumlah koleksi tersebut merupakan koleksi umum, anak, maupun perpustakaan keliling.




BAB III
MASALAH DAN PEMECAHAN

3.1  MASALAH
a.       Ruang multimedia
Barang- barang yang pernah hilang, karena kurangnya penjagaan dan kewaspadaan.
b.      Absensi masuk ke Perpustakaan Umum Temanggung sebagian lupa dan kurang akurat.
c.       Bahan pustaka yang sangat besar peluang untuk kehilangan bahan pustaka.
3.2 PEMECAHAN
a.       Ruangm multimedia
ruang multimedia bisa di katakan perlengkapan yang terdapat di ruangan ini cukup mahal maka perlu seorang petugas penjaga yang berfungsi sebagai pengawas dan juga pemeliharan perlengkapan, kemudian alangkah baiknya setiap computer di berikan buku kegiatan sehinggan pemakai perlangkapan mengisi kegiatan yang di lakukanya juga kondisi computer setelah di pakai. Kemudian petugas mengecek kembali computer yang telah di pakai.
b.      Absensi pengunjung
sebaiknya  kartu anggota perpustakaan tidak hanya di gunakan untuk peminjaman dan pengembalian buku saja tetapi di gunakan untuk absen masuk, jadi di depan pintu masuk di pasang barcode reader untuk absen masuk, sebaiknya di letakan di dekat denganlayanan sirkulasi sehinga pengawasan bisa di laksankan.
c.       Bahan pustaka yang berpeluang besar untuk hilang.
Pustakawan  perlu pengawasan yang tepat di samping itu perlu adanya tag pada bahan pustaka dan pada pintu keluar masuk di beri sensor. Sehingga akan mengurangi peluang untuk kehilangan.




















BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dari hasil praktek kerja perpustakaan yang telah di laksanakan. Dapat di tarik kesimpulan bahwa Perpustakaan Umum Temanggung:
1.      Pengadaan buku yang di lakukan selama 1 tahun sekali dengan menggunakan seleksi secara online dan bekerjasama dengan beberapa rekanan.
2.      Pengolahan bahan pustaka yang efektif dan efisien dan dengan perlengkapan dengan menggunakan barcode reader sehingga memudahkan petugas mencatat bahan pustaka, juga menggunakan program slim senayan cedana sehingga OPAC menjadi lebih efektif.
3.      Pelayanan yang dilakukan dengan tegas dan perpustakaan keliling yang begitu di minati di berbagai anak – anak sekolah menambah daftar pengunjung dan kerjasama antar perpustakaan.
4.      Letak bangunan yang strategis dan kondisi bangunan yang begitu nyaman dengan di lengkapi WIFI.
4.2 SARAN
1.      Sebiknya terdapat layanan fotocopy sehingga apabila pemakai yang ingin memperoleh artikel yang tidak boleh di pinjam mereka bisa memfotocopy tanpa harus meninggalkan Kantor Perpustakaan Umum.
2.      Setiap bahan pustaka di beri pengaman sehingga meminimalisir kehilangan bahan pustaka
3.      Pemgumuman koleksi  buku baru sebaiknya di update setiap waktu.
4.      Di koleksi umum sebaiknya di tambah lagi pendingin ruangan karena setiap udara panas maka di lantai dua akan terasa sangat panas, sehinggan membaca pun tidak nyaman.

DAFTAR PUSTAKA
Sulistyo, Basuki. 1999. Pengantar Ilmu Perustakaan Jakarta : Universitas Terbuka.
Riko Bintari, M.Hum. Pembinaan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan Sekolah : Uneveisitas Terbuka.
Royandiah, Ida. 2015. Praktek Kerja Perpustakaan : Universitas Terbuka.
www.pedoman pengolahan bahan pustaka. : di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00
WIB.

Budiyanto. Eko. 2011. Laporan Praktek Kerja Perpustakaan : Universitas Terbuka.

Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.














LAMPIRAN DESIDERATA

Contoh Desiderata

NO                              : 04/15/001
JUDUL                       : KOALA KOMAL
PENGARANG           : RADITYA DIKA
PENERBIT                 : TRANS MEDIA PUSTAKA PT _JKT – CGI NIX GAM
TAHUB TERBIT       : 2015
HARGA                     :RP 50,575



NO                              : 04/15/002
JUDUL                       : PERENCANAAN PEMBELAJARAN
PENGARANG           : HAMZAH B. UNO
PENERBIT                 : BUMI AKSARA
TAHUN TERBIT       : 2008
HARGA                     : RP 33,150


NO                              : 04/15/003
JUDUL                       : SUNSET BERSAMA ROSIE
PENGARANG           : TERE LIYE
PENERBIT                 :MAHAKA
TAHUN TERBIT       :2014
HARGA                     : Rp 50,000
           

LAMPIRAN KARTU ANGGOTA PERPUSTAKAAN


Contoh kartu anggota














LAMPIRAN PEMINJAMAN BUKU


Contoh peminjaman bahan pustaka









LAMPIRAN PENGEMBALIAN BUKU








[1] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta,  19991 : 20
[2] www.pedoman pengolahan bahan pustaka.: Di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00 WIB
[3] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta, 19991:48
[4] Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.
[5] www.pedoman pengolahan bahan pustaka.: Di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00 WIB
[6] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta, 19991:48
[7] Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.





LAMPIRAN PENGEMBALIAN BUKU








[1] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta,  19991 : 20
[2] www.pedoman pengolahan bahan pustaka.: Di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00 WIB
[3] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta, 19991:48
[4] Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.
[5] www.pedoman pengolahan bahan pustaka.: Di akses jumat, 20 Maret 2015, 20.00 WIB
[6] Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakarta, 19991:48
[7] Id.m.wikipedia.org.: Di akses 26 maret 2015 , 20.59 WIB.

Komentar

Postingan Populer